Menginstall Windows 7 Tanpa Upgrade


Sobat BD bisakah menginstal laptop/ komputer sendiri? orang komputer harus bisa instal dunk siapa tau temen ada yang mau instalin kan lumayan dapet baso gratis hehehehe ya udah langsung liat tutorial Menginstall Windows 7 Tanpa Upgrade dengan mudah  Sudah membeli lisensi Windows 7 namun belum berani menginstall sendiri? Berikut sedikit cara mengenai cara menginstall system operasi Windows 7 pada komputer anda. Secara umum, tata cara instalasi tidak banyak berbeda dengan cara menginstall Windows XP maupun Windows versi lainnya.

Dan berikut cara-caranya.
Metode 1 : Install Upgrade dari Windows XP ke Windows 7
1.    Apabila instalasi yang hendak anda lakukan pada sebuah komputer, namun komputer tersebut telah terlebih dahulu memiliki system Windows XP atau versi lainnya selain Windows 7, maka anda bisa mencoba menjalankan melalui tool Windows 7 Upgrade Advisor yang bisa anda download tanpa berbayar si situs Microsoft. Apabila telah selesai di download, kemudian install dan lakuakn pemeriksaan pada komputer menggunakan tool tersebut apakah komputer anda bisa menjalankan Windows 7.

2.    Melakukan install secara keseluruhan pada komputer biasanya berakibat pada menghilangnya data yang anda simpan di drive external selain drive D. untuk itu sebaiknya sebelum melakukan install backup terlebih dahulu file penting anda. Anda bisa memburning data ke CD/DVD, memindahkannya ke komputer lain jika jaringan komputer terhubung atau bahkan memindahkannya ke flash drive. Cara lainnya, juga bisa anda lakuakan pada system yang disediakan oleh Microsoft yakni tool Windows Easy Transfer untuk membackup data penting pada system operasi terdahulu dan memulihkan cadangannya ke sisterm operasi terbaru (Windows 7). Aplikasi ini bisa di download dan di install jika anda ingin mencobanya.

3.    Jika data sudah di back-up, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan CD/DVD installer Windows 7 dari Windows XP panda. Akan muncul kotak panduan installasi. Disana anda bisa memilih opsi Upgrade ( hanya jika anda ingin memperbaharui system menjadi versi yang lebih baru tanpa memformat dan menghilangkan software lainnya), atau memilih Custom (untuk menginstall system operasi baru dan menghapus yang lama).

4.    Disana akan ada panduan yang muncul, hal yang perlu anda lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkahnya.

5.    Pulihkan data anda, baik dengan menempatkan kembali komputer secara manual maupun menggunakan Tool Windows Easy Transfer.

6.    Jika diperlukan anda bisa melakukan install ulang driver dan program aplikasi lainnya.

Metode2 : Install Windows 7 Tanpa Upgrade
1.    Jika anda baru dan belum memiliki system operasi apapun sebelumnya, atau barangkali anda ingin benar-benar menghapus system operasi lama dan menggantinya dengan system operasi terbaru (Windows 7), maka booting komputer anda menggunakan CD/DVD Windows 7.

2.    Kemudian padajendela Install Windows, sesuaikan bahasa dan sebagainya, kemudian klik next untuk melanjutkannya.

3.    Pada jendela persetujuan lisensi, pilih opsi “I accept the license term” dan jangan lupa untuk selalu mengklik next setiap kali selesai untuk bisa melanjutkan ke step berikutnya.

4.    Pada jendela “Which type of installation do you want?”, pilih “Custom”.

5.    Sedangkan Pada jendela “Where do you want to install Windows?” pilih menu Drive options (advanced).

6.    Selanjutnya tentukan partisi untuk mengistall Windows 7, jika hardisk masih baru, maka pilih “Unalocated Space”.

7.    Lanjutkan langkah selanjutnya hingga selesai.


Cukup sekian Sobat BD semoga bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment